mahasiswa D-IV Teknik Elektronika Telekomunikasi

Wednesday, November 30, 2016

Pengenalan Arduino Lanjutan

Menghidup matikan Led menggunakan Bluetooth


Dasar Teori

Bluetooth adalah suatu peralatan media komunikasi yang dapat digunakan untuk menghubungkan sebuah perangkat komunikasi dengan perangkat komunikasi lainnya, bluetooth umumnya digunakan di handphone, komputer atau pc, tablet, dan lain-lain. Fungsi bluetooth yaitu untuk mempermudah berbagi atau sharing file, audio, menggantikan penggunaan kabel dan lain-lain. Saat ini sudah banyak sekali perangkat yang menggunakan bluetooth. bluetooth  adalah sebuah teknologi komunikasi wireless atau tanpa kabel yang beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 GHz (antara 2.402 GHz s/d 2.480 GHz) dengan menggunakan sebuah frequency hopping tranceiver yang mapu menyediakan layanan komunikasi data dan juga suara secara real-time antara host-host bluetooth dengan jarak jangkauan layanan yang terbatas.
Pada dasarnya teknologi bluetooth ini diciptakan bukan hanya untuk menggantikan atau menghilangkan penggunaan media kabel dalam melakukan pertukaran data atau informasi, tetapi juga mampu menawarkan fitur yang bagus atau baik untuk teknologi mobile wireless atau tanpa kabel, dengan biaya yang relatif rendah, konsumsi daya rendah, interoperability yang sangat menjanjikan, mudah dalam pengoperasiannya dan juga mampu menyediakan berbagai macam layanan.


Rangkaian Percobaan


Langkah Percobaan

1. Hidupkan PC dan buka jendela Sketch untuk menuliskan program. Pada rangkaian output kaki led berada di kaki 12 , tx pada hc-06 tempatkank di rx arduino, begitu juga sebaliknya, dan jangan lupa untuk menghubungkan vcc dan ground hc-06 ke arduino. Hal penting yang perlu diketahui jangan memasang modul bluetooth ketika ingin mengupload program ke arduino, karena program tidak akan berhasil di upload.
2. Ketikkan program sebagai berikut ;
char val;
void setup( ) {
     pinMode(13,output);
     serial.begin(9600);
}
void loop ( ) {
if (serial.availabele( ) >0) {
    val=serial.read ( );
    serial.print1n (val);
}
if (val== '1') {
    digitalWrite(2,high); }
else if (val == 'a') {
    digialWrite(13,low); }
}

3. Kemudian simpan program dan verifikasi untuk memastikan tidak terjadi error (Ctrl + r) . Jika tidak ada error, maka upload lah program tersebut ke arduino dengan ( Ctrl + u). Pastikan pada saat sebelum uploding program, port COM arduino sudah tercentang benar di sketch nya.

4. Pada percobaan ini, dibantu dengan menggunakan aplikasi android yang dibuat oleh boarduino. Jadi, silahkan instal aplikasi Boarduino di smartphone.


5. Rangkailah rangkaian seperti perintah di atas. kemudian buka aplikasi boarduino yang sudah di instal. Lalu deteksi bluetooth rangakain tersebut, klik saja lambang bluetooth pada aplikasi boarduino pada smarthphone tersebut, lalu sambungkan perangkat, dan coba saja hidup matikan led dari smartphone anda.

6. percobaan selesai

Analisa

Pada praktikum workshop aplikasi internet tentang pngenalan modul bluetooth dan arduino bertujuan untuk mengaplikasikan bluetooth dalam menghidup matikan led dari smartphone. Bluetooth media transfer wireless yang bekerja pada kisaran frekuensi 2.4 GHz. sinyal bluetooth dari smartphone dikirim dan diterima oleh arduino  lalu menjalankan printah terhadap output pada kaki 13.

Kesimpulan

1. LED berhasil di kontrol menggunakan aplikasi android berbasis bluetooth


Share:

0 komentar:

Post a Comment

putrilestari. Powered by Blogger.

Viewers

Add Me ON

About me

Subscribe

Pages